PENGARUH MEDIA INTERNET DARI SEGI DUNIA PENDIDIKAN

 

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN


BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka diperlukan guru yang sangat profesional yang dapat melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, pengajar, pembibing dan sekaligus pelatih untuk anak-anak bangsa di masa depan yang dapat memberikan arah pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif serta juga minat yang tinggi terhadap peserta didik. Pembangunan dalam pendidikan nasional berfungsi untuk meningkatkan sumber daya manusia yang secara implisit tertera dalam UU No.2 tahun 1989 tetang sistem pendidikan nasional. Pendidikan dapat mempengaruhi perkembang manusia dalam seluruh aspek kepribadian serta juga dapat memahami berbagai potensi manusi yang dimilikinya secara optimal yaitu pengembangan potensi individu yang setinggi-tingginya dalam aspek fisik, emosional, intelektual, dan spritual sesuai dengan perkembangan serta karakteristik lingkungan fisik dan lingkungan sosial budayanya.

Disamping pekembangan pendidikan dan ilmunya perkembangann ilmu pengetahuan dan teknologi komputer semakin lama semakin berkembang pesat. Pemanfaatannya sudah masuk berbagai lapisan. Salah satu bukti yang ditandai dengan semakin maraknya instansi-instansi, sekolah-sekolah maupun lembaga pendidikann menggunakan alat komputer dan internet dalam memperoleh informasi. Hal ini sangat berpengaruh pada dunia pendidikan, yaitu pembelajar berbasis komputer.

Tekonologi informasi adalah sebuah teknologi yang dimana digunakan untuk mengelola banyak data sehingga dapat mengahasilkan informasi yang berkualitas dan benilai guna tinggi. Perkembanga Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam media internet pun terus meningkat seiring meningkatnya kebutuhan manusia akan informasi, dalam bidang pendidikan. Menurut Hamzah (2010:57), Teknologi Informasi dan media internet merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data yang diataranya termasuk memproses, mendapatkan, menyususn, menyimpan, memanipulasi datau untuk mendapatakan informasi yang berkualitas. Disamping itu media internet dan teknologi informasi digunakan untuk sarana melakukan pencarian informasi, presentasi, komunikasi, bahkan juga dapat dijadikan media promosi di suatu lembaga pendidikan kepada publik ataupun masyarakat luas. Hal ini dilakukan karena surat kabar, radio, telebisi masih banyak kekurangan. Salah satunya yakni daya jagnkau yang masih terbatas, alternatif baru yaitu dengan menggunakan media internet. Media internet dapat melakukan penelusuran informasi secara tepat dan akurat, maka dari itu suatu lembaga pendidikan banyak menggunan sarana internet ini untuk melakukan suatu kegiatan promosi dan mencari informasi yang dapat dijangkau barbagai lembaga dalam negeri maupun luar negeri.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan pada latar belakang yang sudah dijelaskan diatas, maka permasalahan yang dapat dirumuskan adalah “Pengaruh media internet yang dapat penulis lihat dari segi dunia pendidikan”.

1.3  Tujuan Penelitian 

Adapun tujuan di adakannya penelitian ini adalah sebagai berikut ini : 
1.      Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pemanfaatan media internet dari segi dunia pendidikan. 
2.      Untuk mengetahui juga ada atau tidak nya peningkatan hasil dari pemanfaatan media internet tersebut.

1.4 Kegunaaan atau Manfaat Penelitian

Hasil penelitian ini diharapkan berugna atau bermanfaat bagi :
1. Manfaat secara Teoritis
Secara teroritis hasil peneilitan ini bermanfaat bagi upaya mutu belajar atupun pendidikan saat ini dan memberikan pemikiran teoritis terhadap dunia pendidikan khususnya untuk pengaruh hasil belajar. 2. Manfaat secara Praktis
a.      Bagi Mahasiswa
1)     Dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuan, pemikiran dan penalaran untuk terus belajar dalam dunia pendidikan.
2)     Dapat melatih gaya kemandirian, kekreatifan dan intelektualitas sebagai peneliti.

b.     Bagi Lembaga Penelitian
1)     Dapat menjadi patokan atau pedoman untuk calon-calon pendidik yang akan datang agar dapat mengetahui pengaruh pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa.

c.      Bagi Dunia Pendidikan 
1)     Terjadi pengaruh pemanfaatan pada media internet dari segi dunia pendidikan yang menimbulkan sesuatu yang posititf bagi hasil belajar siswa.
2)     Membantu kesulitan siswa untuk memahami mata pelajaran dan dapat juga membantuk siswa dalam memperoleh banyak informasi.

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Tinjauan Pustaka

Internet merupakan suatu jaringan komunikasi tanpa batas yang melibatkan jutaan komputer pribadi yang tersebar di seluruh dunia. Dengan menggunakan Transmition Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP) dan didukung oleh media komunikasi seperti satelit dan paket radio, internet telah memungkinkan komunikasi antar komputer dengan jarak yang tak terbatas (Oetomo, 2006:70). Dan melalui internet juga, siapa saja dapat leluasa mengakses berbagai infrmasi dari berbagai tempat. Informasi tersebut bisa diakses dapat berutpa teks, grafik, suara maupun video.
Internet berawal dari riset untuk pertahanan, keamanan, serta pendidikan. Namun, kemudian berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh. Internet telah membuat revolusi baru dalam dunia komputer dan dunia komunikasi yang tidak pernah diduga sebelumnya. Internet memiliki kemampuan penyiaran ke seluruh dunia, memiliki mekanisme diseminasi informasi, dan sebagai media untuk berkolaborasi dan berinteraksi antara individu dengan komputernya tanpa dibatasi oleh kondisi geografis.

            Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), rata-rata pertumbuhan internet di Indonesia mencapai 25-40%. Di tahun 2011 ini, pengguna Internet di Indonesia diperkirakan mencapai 30 juta. Pengguna Internet dari tahun ke tahun akan semakin meningkat jumlahnya seiring dengan banyaknya akses point Internet seperti Warnet, Wi-Fi di pusat keramaian, 3G, HSDPA, dll. Bahkan, bukan tidak mungkin jika proyek Palapa Ring sukses, akan tersedia bandwidth Internet bagi 40.000 desa.

2.1.1    Pengaruh dan Dampak Positif Internet bagi Pendidikan

Internet sangat berpengaruh dalam berbagai bidang kehidupan, terutama dalam bidang pendidikan, yang merupakan alasan utama terciptanya Internet. Berdasarkan data dari beberapa narasumber, pengaruh positif Internet dalam dunia pendidikan, diantaranya adalah :

1.                Internet sebagai media pembelajaran mempermudah mencari berbagai informasi dan ilmu pengetahuan, serta sangat berguna dalam menambah wawasan. Materi pembelajaran menjadi luas, tidak hanya berpatokkan pada apa yang diajarkan pendidik, tapi dapat juga belajar melalui berbagai materi yang terdapat di Internet. Internet dapat menyamaratakan kesempatan pendidikan di berbagai daerah di Indonesia. Internet memudahkan peserta didik dalam menyelesaikan berbagai tugas. Dan menyediakan banyak sekali soal-soal latihan untuk menguji kemampuan peserta didik. Segala informasi mudah diakses dan tidak memakan waktu lama. Internet menjadi alat utama dalam peningkatan mutu pendidikan dan mengembangkan IPTEK.
2.                Internet bermanfaat sebagai ajang penyaluran bakat. Internet memuat berbagai informasi, termasuk informasi tentang berbagai kompetisi dan perlombaan. Setiap individu dapat berkesempatan menyalurkan bakat dan talenta melalui kompetisi dan perlombaan tersebut. Contohnya adalah melalui situs Youtube. Bukti kesuksesan Briptu Norman dengan gaya “India”nya, Justin Bieber yang kini menjadi salah satu penyanyi remaja terpopuler di dunia, juga Sinta dan
Jojo dengan video Lip-sing “Keong Racun”.
3.                Internet sebagai sarana hiburan menyajikan berbagai hiburan untuk siapapun, kapanpun, dimanapun. Hiburan-hiburan ini ada bermacam-macam, antara lain game dan aplikasi-aplikasi menarik yang bersifat menghibur. Berbagai program hiburan ini diadakan mengingat hiburan adalah salah satu hal penting yang harus didapatkan oleh tiap manusia jika jenuh mulai melanda.
4.                Internet sebagai media komunikasi mempermudah proses komunikasi antar sesama, baik dengan teman, guru, orangtua, dan keluarga. Jarak dan waktu bukan lagi penghalang. Bahkan, dengan Internet, komunikasi dapat terjadi secara tatap muka tanpa memikirkan jarak. Situs pertemanan terpopuler di kalangan siswa-siswi sekolah saat ini adalah Facebook, Friendster, dan Twitter.

Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perekonomian. Berbagai transaksi jual-beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan tatap muka, pos, atau telepon, kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi ini dinamakan e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government seperti di beberapa kabupaten di Indonesia yang ternyata berhasil memberikan peningkatan pemasukan daerah dengan memanfaatkan internet untuk transparansi pengelolaan dana masyarakat dan pemangkasan jalur birokrasi, sehingga warga daerah sangat diuntungkan demikian para pegawai negeri sipil dapat pula ditingkatkan kesejahteraannya karena pemasukan daerah meningkat tajam.

2.1.2    Pengaruh dan Dampak Negatif Internet bagi Pendidikan

 Internet tidak sepenuhnya berdampak baik bagi pendidikan. Bahkan banyak sekali dampak negatif Internet terhadap dunia pendidikan. Berikut adalah dampak-dampak negatif Internet bagi pendidikan yang penulis peroleh dari berbagai sumber dan narasumber :

1.                Internet sebagai media pembelajaran tidak efektif pemanfaatannya. Daya kreativitas peserta didik menjadi rendah akibat terbiasa bergantung pada Internet. Hingga tugas-tugas mudah yang diberikan oleh guru yang seharusnya bisa dikerjakan sendiri pun mengandalkan Internet.
2.                Internet membawa pengaruh buruk terhadap pola kepribadian siswa. Siswa menjadi pribadi yang malas dan candu Internet. Siswa lebih suka duduk berlama-lama di depan layar komputer demi menjelajah dunia maya dibanding membaca buku. Jam belajar menjadi berkurang dan prestasi siswa menurun.
3.                Maraknya berbagai penyalahgunaan Internet seperti pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan benci (hate speech). Tindakan criminal yang memanfaatkan media Internet seperti penyelundupan obat-obatan terlarang, berbagai bentuk penipuan yang tentunya sangat merugikan, penculikan melalui facebook, kematian Brandon Vedas akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas bersama teman-teman chatting IRCnya, Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online Everquest, dan Brandes yang ditikam kemudian dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam internet, dan masih banyak lagi.
4.                Internet juga semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena makin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan. Tindakan ini sangat meresahkan penulis dan pengarang Indonesia.

2.1.3    Menyikapi Berbagai Dampak Penggunaan Internet

Di bawah ini adalah beberapa cara yang dapat digunakan dalam menyikapi berbagai dampak Internet :
  • Menumbuhkan kesadaran dalam setiap diri dan berupaya memenuhi kewajiban sebagai pelajar.
  • Menggunakan Internet dengan tujuan mencari informasi yang positif.
  • Memahami lebih dalam mengenai pengoperasian Internet agar tidak tersesat saat menjelajah dunia maya.
  • Menjauhi hal-hal yang menyimpang dan tidak mencoba-coba.
  • Saling mengingatkan dan menasihati dalam hal kebenaran.
  • Mengajarkan moral dan etika yang baik pada peserta didik
  • Memberi motivasi mengenai pola kepribadian yang baik.
  • Memberitahu situs-situs yang menarik dan layak dikunjungi peserta didik.
  • Kehadiran orangtua sebagai pengawas saat anak menjelajah Internet.
  • Bentuk ketegasan pemerintah mengatasi penyalahgunaan Internet dengan mencontoh beberapa Negara seperti Cina dan Singapura yang telah menerapkan kebijakan memblokir situs-situs yang dianggap tidak pantas.

BAB III
METODELOGI PENELITIAN

3.1  Jenis Penelitian

Dimana jenis penelitian yang penulis gunakanan yaitu dengan metode kualitatif  yang salah satu prosedur penelitiannya menghasilkan data berupa deskriptif berupa gambaran ucapan ataupun tulisan dan juga perilaku-perilaku orang-orang yang diamati.

3.2  Analisis Data

Analisa data berupa lanjutan dari metode yang digunakan oleh penulis yaitu metode kualitatif dimana pengecekan data dan tabulasi, dalam hal ini sekedar membaca sumber yang ada di Internet mengenai makalah penulis yang bertemakan “Pengaruh Media Internet Dari Segi Dunia Pendidikan”.

3.3  Instrumen Pengumpulan Data

3.2.1 Studi Pustaka

Dengan menggunakan metode Studi Pustaka penulis dapat memperoleh sumber berdasarkan pada buku dan internet sebagai media referensi yang bertujuan untuk memperkuat materi pembahasan yang ada pada makalah ini dan juga sebagi dasar dalam menganalisa. Dan juga dengan metode ini dapat digunakan untuk memecahkan sebuah masalah yang ada.

3.4  Sumber Data

Dalam makalah ini penulis menggunakan cara data sekunder untuk memperoleh sumber data dimana penulis cukup mendapatkan data dengan tema yang sama dari sumber lain.

BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan

Berdasarkan hasil dari analisa data yang diperoleh oleh penulis, yakni Pengaruh Media Internet Dari Segi Dunia Pendidikan, maka dapat disimpulkan bahwa :

a.    Internet lebih besar berpengaruh pada dunia pendidikan sebab pada dasarnya internet dihadirkan untuk mendukung pendidikan yang lebih baik kedepannya.
b.   Internet juga membawa berbagai pengaruh, dari yang baik maupun yang negatif, terhadap pendidik dan peserta didik.

4.2 Saran 

Diharapkan kepada semua pihak, terutama pemerhati pedidikan agar untuk berusaha lebih mengembalikan fungsi dan penggunaan internet sebagai media pendidikan dan juga dapat meningkatkan keamanan pada sistem internet tersebut. 

    Choose :
  • OR
  • To comment